Wednesday, August 7, 2013

"JOURNAL MINGGU 10"

Pelajan di minngu 9,membahas tentang Business Model Generation.Di pembelajaran ini kita harus benar-benar cermat dan teliti dalam memelih usaha yang akan kita geluti.The Business Model Canvas meliputi: Key Partner,Key Activities,Key Resources, value Propositions,Customer Relationship,Channels, Customer Segments, Cost Structure Revenue Stream.Customer segmen(Kelompok pelanggan yang dibidik) meliputi: Mass market,Niche market,Segmented,Diversifield, dan Multi-sided platform.value Preposition: solusi untuk pelanggan, Nilai yang menonjol dari sebuah bisnis,Pembeda dengan pesaing. Newness,Performance, Customization, Design,Brand,Price,Cost reduction,Risk reduction,dan Convinience. Channels:Perpanjangan tangan, jalur distribusi & Penjualan. Efectif dan Efisien,Channel Types ( sales force,web sales,own store, partner stores, wholesaler), Channel phases:(1.Awareness 2.Evaluation,3. Purchase 4.Delivery 5.After sales).Customer Relationships:aktifitas untuk memeperoleh,memepertahankan & memuaskan pelanggan. Categories;Assistance,Personal assistence,Self service. Reveneu structures:strukture pendapatan.revenue streas( arus pemasukan):asset sale:menjual fisik produk,usage fee:pengguanaan jasa,subsription fee:langganan berkala,Lending/ renting/ leasing:sewa, cicilan, licensing:ijin entiectual property,brokerage fee:perantara,Advertising: pendataan dari iklan.Key recources:segala sumber daya yang diperlakukan untuk menjalankan bisnis. Categories:physical asset:toko warung,kantor, pabrik,mesin mobil, sistem ppenjualan,jaringan penjualan,Intellectual:merek,paten, ilmu kerjasama,dll,human:pekerja dengan berbagai keahlian, financial:uang tunai,plafon kredit, saham kosong untuk karyawan kunci.Segala hal yang diperlukan untuk menciptakan nilai bisnis, menjangkau pelanggan,mempererat hubungan dengan pelanggan dan memperoleh pendapatan. Key activities: segala aktifitas yang penting dalam operasional untuk mendukung kesuksesan bisnis. Categories:production:design,produksi,pengiriman,problem solving:solusi,konsultasi,doker ,dll, platform/network:jaringan,software,merk.aktifitas apa yang diperlukan untuk menciptakan nilai bisnis, menjangkau pelanggan mempererat hungan dengan pelanggan dan memperoleh pendapatan. Key partners: siapa partner bisnis kita? siapa supplier kita? 4 types partnership:buyyer-suplier,strategicalliance between non competitors,coopetition:partnership between competitors, joint venture. 3 motives to create partnership: optimazion & economic of scale:mengurangi biaya,berbagai prasarana, Reduction of risk & un certainty: mengurangi resiko & ketidakpastian. Acquisition of particular recorce & activities. Cost structure:pengeluaran / biaya.Business models,type of cost structures. Di pembelajaran ini saya benar-benar merasa masuk kedalam pelajaran dan bersyukur masih diberi kesempatan untuk bisa mengikuti sampai selesai. Harapan saya bisa menerapkan dalam kehidupan nyatan dan bukan hanya sekedar mimpi atau buaian. Untuk itu saya ucapkan banyak terima kasih pada para Dosen dan kru pendukung atas pembelajaran ini, semoga bisa membawa manfaat bagi aya khususnya.Ammin...salam sukses....salam 3E....