Wednesday, February 19, 2014

"JOURNAL REFLEKSI MINGGU 1 / T100"

     Minggu pertama mengikuti kuliah online T100, kita membahas tentang Inovasi dan memulai suatu usaha yang sudah kita lakukan. Terus terang saya belum bisa memulai sebagian ide saya karena  masih diluar Negeri. Dan usaha yang sudah saya mulai adalah menanam  pohon sengon, singkong,padi, sayuran,  kelapa, pisang gepok yang rencana akan saya buat kripik bonggol pisang, singkong atau kripik lainnya. Selain usaha ini saya sudah menyiapkan alat  / mesin pemotong kripik, mesin tetas ayam / itik, juga mesin press.  
     Semakin dekat hari kepulanganku ke Indonesia, semakin banyak ide-ide  bermunculan, menambah semangatku untuk segera bisa mewujudkannya.Namun perlu ketelitian dan kesabaran dalam memulai , karena akan banyak sekali tantangan baru yang harus diselesaikan. Dna untuk menyelesaikannya tidaklah mudah , butuh waktu dan proses.
     Dan setiap tanjakan itu, memerlukan perjuangan dan kesabaran, dan semangat untuk tidak mudah menyerah oleh keadaan.Karena setiap sesuatu yang menghasilkan itu, pasti ada yang berusaha menghalangi bahkan ingin menghancurkan. Jadi kita harus selalu siap dengan keadaan, tidak mudah putus asa, selalu mencari penyelesaian yang tidak berdampak buruk atau bisa merugikan. Untuk itu dibutuhkan persiapkan yang sangat matang, perencanaan yang sudah diperhitungkan sebelumnya.
     Banyak sekali teman kita yang hanya ikut-ikutan, dan akhirnya menyalahkan orang lain, tanpa menilai dulu, sejauh mana letak kesalahan itu. Berusaha menjadi yang terbaik, dan semaksimal mungkin menekuni usaha kita.Dan saya yakin gak ada yang tidak mungkin didunia ini, asal kita mau berusaha , dan berdoa semua bisa kita perjuangkan, dan akhirnya kita bisa mencapainya, dengan penuh perjuangan dan keyakinan kita. Selamat untuk selalu belajar dan belajar, apa lagi itu sesuatu yang belum kita tahu, dan harus kita pelajari. Salam sukses, salam Entrepreneur?


No comments: